• Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
  • Kru
  • Kerjasama
  • Disclaimer
  • Kebijakan Privasi
Wednesday, 03 December 2025

Situs Literasi Digital - Berkarya untuk Abadi

Metafor.id
Metafor.id
  • Login
  • Register
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Hikmah
    • Sosok
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Tips & Trik
    • Kelana
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
No Result
View All Result
Metafor.id
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Hikmah
    • Sosok
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Tips & Trik
    • Kelana
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
No Result
View All Result
Metafor.id
No Result
View All Result
Home Milenial Gaya Hidup

Mengotak-atik Singkatan Merk Rokok

Syukur Budiardjo by Syukur Budiardjo
5 March 2021
in Gaya Hidup
0
Mengotak-atik Singkatan Merk Rokok

https://unsplash.com/photos/lzcKZlVPYaU

Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsAppShare on Telegram

1.

Kita ini suka iseng. Apa saja kita kupas dan analisis. Dalam budaya Jawa kita mengenal othak-athik gathuk. Setiap peristiwa dihubung-hubungkan, sehingga kita menemukan benang merahnya dan jawabannya mengapa peristiwa itu bisa terjadi. Aneh bin ajaib. Ndilalah kok mengena pula.

Dalam bahasa Jawa kita mengenal kerata basa. Dalam bahasa Indonesia kita juga mengenal singkatan dan akronim. Misalnya kata dewur kepanjangannya gede dhuwur (besar tinggi). Degus, gedhang, kendi, katok, dan wedang memiliki kepanjangan gede bagus (besar ganteng), digeget bar madhang (digigit setelah makan), duwure kaya teken ngisore gedi (atas seperti tongkat bawah besar), nak nganggo sikile diangkat sitok (kalau memakai kakinya diangkat satu), dan ngawe-awe kadang (memanggil-manggil saudara),

Dalam bahasa Indonesia kita juga tak dapat dipisahkan dari penggunaan singkatan dan akronim untuk berkomunikasi antarwarga. Singkatan dan akronim yang mula-mula dipopulerkan dan dibakukan penggunaannya di kalangan militer ini, kemudian berkembang pesat sesuai dengan perkembangan sosial, ekonomi, dan budaya di masyarakat.

Singkatan adalah bentuk yang dipendekkan yang terdiri dari satu huruf atau lebih, sedangkan akronim adalah singkatan yang berupa gabungan huruf awal, suku kata, ataupun huruf dan suku kata dari deret kata yang diperlakukan sebagai kata.

2.

Apakah Anda suka merokok? Sebelum kecanduan, sebaiknya Anda tidak berkenalan dengan rokok. Anda tentu dapat menimbang-nimbang apakah untung dan ruginya jika Anda merokok.

Di kalangan ahli hisap dan anggota dewan suro (suka merokok) sudah sejak lama singkatan dan akronim melekat di dunia rokok. Sebagai bahasa gaul yang sering digunakan di kalangan anak baru gede (ABG), berbagai merk rokok pun dicarikan kepanjangannya. Maka singkatan dan akronim yang berkaitan dengan merk rokok dikenal luas sebagai plesetan di kalangan anak muda pada dekade 80-an dan 90-an.

Rokok yang harganya sangat mahal pada saat itu, Dji Sam Soe, oleh kalangan muda dibuatkan kepanjangannya menjadi Jiwa Sampai Surga.  Jika menghisap rokok dengan merk ini, jiwa Anda terasa masuk surga. Ada-ada saja. Aya-aya wae.

Merk rokok yang terkenal ketika saya masih belajar di sekolah dasar pada tahun 1970-an di Semarang, Sukun, memiliki kepanjangan suka rukun. Wow, cakep. Tentu semua orang menginginkan hidup yang rukun dan damai. Rokok dengan merk ini sangat digemari kalangan old, termasuk orang tua saya.

Kepanjangan merk rokok Bentoel adalah benar-benar tulen.. Benar-benar asli. Mungkin istilah sekarang untuk hal ini adalah ori atau orisinal. Keren tentu saja jika setiap orang memiliki ide-ide yang orisinal.

Rokok Djarum Super yang menguasai pangsa pasar memiliki kepanjangan yang menohok bagi siapa pun yang suka keluyuran sebelum wabah corona menerpa negeri ini. Ketika saya belum purnabakti alias pensiun, dan aktif keluar kota dan daerah mengikuti pelatihan dan desiminasi hasil pelatihan, saya suka menghisap rokok ini. Kawan-kawan sekantor sambil bercanda mengatakan bahwa saya pada masa-masa ini jarang di rumah suka pergi.

Yang agak ekstrem saya dicap jarang di rumah suka perempuan. Hem, hahaha..

Bisa saja ini plesetan, jika Anda kebetulan penggemar rokok dengan merk ini, Anda tidak perlu mengambil hati ketika mendengar seloroh demikian. Namanya juga juga plesetan.

Ketika saya masih kuliah di Fakultas Pendidikan dan Bahasa Jurusan Bahasa Indonesia di IKIP Jakarta pada tahun 1980-an, kami – saya dan kawan-kawan– suka menghisap rokok Kansas. Selain harganya terjangkau, isi sebungkus Kansas bisa duapuluh batang. Kepanjangan Kansas adalah kami anak sastra. Pas banget dengan jurusan kami kuliah.

Rokok dengan merk Dunhil  memiliki kepanjangan yang sangat filosofis. Setiap orang, siapa pun, mestinya memiliki pandangan atau visi terhadap dunia ini dan makna kita hidup di atas dan di dalamnya. Anda tahu apa kepanjangan Dunhil? Dunia ini hanya ilusi. Wah, mantab juga ya!

Rokok dengan merk Ardath memiliki kepanjangan yang – maaf beribu maaf– namanya juga plesetan, agak menyerempet-nyerempet bahaya. Konon setiap anak muda yang pernah hidup pada tahun-tahun 1980-an tahu dan paham singkatan Ardath. Sebagian besar kawula muda pada tahun-tahun itu pasti mengatakan bahwa kepanjangan Ardath adalah Aku rela ditiduri asal tidak hamil. Weleh-weleh! Opo iyo?

Berbagai merk rokok lainnya sampai dengan saat ini sulit dicarikan kepanjangannya. Selain itu, saya sendiri pun secara personal dan pribadi belum pernah mengalaminya. Meski secara kebetulan sekalipun. Kreativitas plesetan terbentur oleh stagnasi pikir dan logika yang membelenggu. Hingga saat ini saya belum pernah mendapatkan info mengenai kepanjangan merk rokok Gudang Garam, Sampoerna, Wismilak, Minakjinggo, Gentong, dan Sriwerdari. Apa boleh buat!

3.

Kepanjangan dari singkatan dan akronim berbagai merk rokok tersebut tercipta sebagai bentuk kreativitas di bidang bahasa yang tak perlu disalahpahami. Ini hanya sebuah plesetan yang bernada dan bernuansa humor untuk berseloroh dalam komunikasi antarwarga. Tak ada tujuan lain. Tak lebih dari itu.

Kepanjangan dari berbagai merk rokok yang dikreasi oleh penutur bahasa bisa berkembang sesuai dengan perkembangan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat. Ini tak bisa dicegah sepanjang tidak bermuatan fitnah dan hoaks. Sebab, kreativitas melampaui batas imajinasi yang kadang-kadang bisa disalahpahami.

Salah satu ciri bahasa gaul adalah nada dan nuansa humor yang terkandung oleh kepanjangan singkatan dan akronim berbagai merk rokok. Ini digunakan oleh masyarakat pemakai bahasa karena keberterimaannya. Selain itu, fungsi utamanya adalah agar komunikasi dapat berlangsung secara cair sehingga mencapai efektivitas dan familiaritas. Demikianlah.

Cibinong, 1 Maret 2021

Tags: filosofi rokokkepanjangan merk rokokkopi dan rokokmengotak-atik singkatan rokokmerk rokokperokokplesetan merk rokoksejarah rokok
ShareTweetSendShare
Previous Post

Kopi yang Tumpah Sebelum Diangkat

Next Post

Multi Peran Guru

Syukur Budiardjo

Syukur Budiardjo

Penulis dan Pensiunan Guru ASN di DKI Jakarta. Alumnus Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Jurusan Bahasa Indonesia IKIP Jakarta. Menulis artikel, cerpen, dan puisi di media cetak dan daring. Menulis buku kumpulan puisi Mik Kita Mira Zaini dan Lisa yang Menunggu Lelaki Datang (2018), Demi Waktu (2019), Beda Pahlawan dan Koruptor (2019), buku kumpulan esai  Enak Zamanku, To! (2019), dan buku nonfiksi Strategi Menulis Artikel Ilmiah Populer di Bidang Pendidikan Sebagai Pengembangan Profesi Guru (2018). Akun Facebook, Instagram, dan Youtube menggunakan nama Sukur Budiharjo.

Artikel Terkait

Di Balik Prokrastinasi: Naluri Purba Vs Tuntutan Zaman
Gaya Hidup

Di Balik Prokrastinasi: Naluri Purba Vs Tuntutan Zaman

31 October 2025

Menunda-nunda, atau prokrastinasi, adalah fenomena yang tampaknya sepele tetapi sesungguhnya sangat kompleks. Data menunjukkan bahwa 95% orang melakukannya pada tingkat...

Film “Like & Share”, Ketidaksengajaan dan Trauma Kekerasan Seksual
Milenial

Film “Like & Share”, Ketidaksengajaan dan Trauma Kekerasan Seksual

8 May 2023

Peringatan: tulisan ini mengandung konten sensitif yang barangkali dapat mengganggu dan memicu trauma Anda. _ Pada tahun 2022 kemarin, Netflix...

Ada Nafas Sahara di Hutan Amazon
Gaya Hidup

Ada Nafas Sahara di Hutan Amazon

30 April 2023

Pernahkah kita terbesit secara sadar kalau udara yang kita hirup, air yang kita minum, makanan yang kita telan itu berasal...

Pilih Masjid yang Tarawih 8 atau 20? Ada yang Dua-duanya lo!
Gaya Hidup

Pilih Masjid yang Tarawih 8 atau 20? Ada yang Dua-duanya lo!

13 April 2022

Perdebatan tentang jumlah rakaat tarawih yang mewarnai jagat maya tampaknya tak berlaku di Masjid Al-Hikmah Kampung Islam Lebah, Klungkung. Pasalnya...

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Gambar Artikel Puisi Aku Telah Bermimpi

Aku (Telah) Bermimpi

26 January 2021
Puasa dalam Pandangan Budaya Pop dan Gejala Pseudo-Spiritualisme

Puasa dalam Pandangan Budaya Pop dan Gejala Pseudo-Spiritualisme

6 April 2022
Gambar Artikel Ketika Seorang Perempuan Membaca Nawal el-Saadawi. Resensi Buku Perempuan di Titik Nol

Ketika Seorang Perempuan Membaca Nawal el-Saadawi

4 November 2020
Tadabbur via Momentum Hujan

Tadabbur via Momentum Hujan

6 March 2022
Public Speaking Bukan Hanya Keterampilan Orang Terpelajar

Public Speaking Bukan Hanya Keterampilan Orang Terpelajar

4 April 2023
Kebanyakan Fafifu

Kebanyakan Fafifu

3 May 2021
Gambar Artikel Cerpen Kematian Seorang Penemu

Kematian Seorang Penemu

16 January 2021
Gambar Artikel Lirih Menangis

Lirih Menangis

17 January 2021
Ada Nafas Sahara di Hutan Amazon

Ada Nafas Sahara di Hutan Amazon

30 April 2023
Salam Forum dan Strategi Dakwah di Medsos

Salam Forum dan Strategi Dakwah di Medsos

4 May 2021
Logo Metafor.id

Metafor.id adalah “Wahana Berkarya” yang membuka diri bagi para penulis yang memiliki semangat berkarya tinggi dan ketekunan untuk produktif. Kami berusaha menyuguhkan ruang alternatif untuk pembaca mendapatkan hiburan, gelitik, kegelisahan, sekaligus rasa senang dan kegembiraan.

Di samping diisi oleh Tim Redaksi Metafor.id, unggahan tulisan di media kami juga hasil karya dari para kontributor yang telah lolos sistem kurasi. Maka, bagi Anda yang ingin karyanya dimuat di metafor.id, silakan baca lebih lanjut di Kirim Tulisan.

Dan bagi yang ingin bekerja sama dengan kami, silahkan kunjungi halaman Kerjasama atau hubungi lewat instagram kami @metafordotid

Artikel Terbaru

  • Mempersenjatai Trauma: Strategi Jahat Israel terhadap Palestina
  • Antony Loewenstein: “Mendekati Israel adalah Kesalahan yang Memalukan bagi Indonesia”
  • Gelembung-Gelembung
  • Mengeja Karya Hanna Hirsch Pauli di Museum Stockholm
  • Di Balik Prokrastinasi: Naluri Purba Vs Tuntutan Zaman
  • Pulau Bajak Laut, Topi Jerami, dan Gen Z Madagaskar
  • Bersikap Maskulin dalam Gerakan Feminisme
  • Emas di Piring Elite dan Jualan Masa Depan Cerah yang Selalu Nanti
  • Dua Jam Sebelum Bekerja
  • Cinta yang Tidak Pernah Mandi dan Puisi Lainnya
  • Pemerintah Daerah Tidak Bisa Cari Uang, Rakyat yang Menanggung
  • Merebut Kembali Kembang-Kembang Waktu dari Tuan Kelabu

Kategori

  • Event (14)
    • Publikasi (2)
    • Reportase (12)
  • Inspiratif (31)
    • Hikmah (14)
    • Sosok (19)
  • Kolom (66)
    • Ceriwis (13)
    • Esai (53)
  • Metafor (217)
    • Cerpen (55)
    • Puisi (141)
    • Resensi (20)
  • Milenial (49)
    • Gaya Hidup (26)
    • Kelana (13)
    • Tips dan Trik (9)
  • Sambatologi (72)
    • Cangkem (18)
    • Komentarium (33)
    • Surat (21)
  • Tentang Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Kirim Tulisan
  • Kru
  • Kontributor
  • Hubungi Kami

© 2025 Metafor.id - Situs Literasi Digital.

Welcome Back!

OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Sosok
    • Hikmah
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Kelana
    • Tips & Trik
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
  • Tentang Kami
    • Kru
  • Kirim Tulisan
  • Hubungi Kami
  • Kerjasama
  • Kontributor
  • Disclaimer
  • Kebijakan Privasi
  • Login
  • Sign Up

© 2025 Metafor.id - Situs Literasi Digital.