• Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
  • Kru
  • Kerjasama
  • Disclaimer
  • Kebijakan Privasi
Tuesday, 02 December 2025

Situs Literasi Digital - Berkarya untuk Abadi

Metafor.id
Metafor.id
  • Login
  • Register
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Hikmah
    • Sosok
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Tips & Trik
    • Kelana
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
No Result
View All Result
Metafor.id
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Hikmah
    • Sosok
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Tips & Trik
    • Kelana
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
No Result
View All Result
Metafor.id
No Result
View All Result
Home Kolom

Perempuan di Mata Asghar Ali Engineer

Dewi Zulaicho by Dewi Zulaicho
29 June 2021
in Esai, Kolom
0
Perempuan di Mata Asghar Ali Engineer

Sumber: https://weheartit.com/entry/314034385

Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsAppShare on Telegram

Banyak hal yang diperbincangkan mengenai perempuan. Perbincangan tersebut mengarah ke beberapa persoalan misalnya mengenai hak-hak perempuan dan juga kewajiban perempuan. Hal ini merupakan salah satu faktor yang melatarbelakangi munculnya gerakan feminisme (suatu kesadaran akan penindasan dan pemerasan terhadap perempuan dalam masyarakat, di tempat kerja dan dalam keluarga, serta tindakan sadar oleh perempuan maupun lelaki untuk mengubah keadaan tersebut).

Kondisi perempuan, sebelum datangnya Islam melalui Nabi Muhammad, faktanya sangat memprihatinkan. Kala itu, apabila melahirkan bayi perempuan, maka bayi tersebut harus dibunuh. Hal itu dikarenakan pada zaman jahiliyah di Timur Tengah sana dianggap sebagai aib keluarga (Yunahar Ilyas, 1997).

Tidak sedikit isu-isu mengenai perempuan yang hingga akhirnya menimbulkan suatu keadaan di mana posisi perempuan termaginalkan dalam suatu tatanan masyarakat. Misalnya, dalam ranah politik: ada yang mengatakan bahwa keterlibatan seorang perempuan sangat diragukan terutama ketika ia menjadi seorang pemimpin. Sementara itu, jika kita menelisik sejarah terdahulu masih banyak ditemukan sosok pemimpin perempuan, seperti Khadijah binti Khuwailid, Siti Aisyah, Tarja Halonen dan adapula Megawati Soekarnoputri yang pernah menjadi presiden Republik Indonesia yang kelima.

Fenomena mengenai kesetaraan gender telah banyak dibahas oleh para aktivis gender sehingga mengingatkan saya pada salah satu sosok intelektual Muslim yang terkemuka yakni Asghar Ali Engineer. Pria yang akrab disapa Asghar Ali ini lahir di Salumbar, Rajasthan, India pada 10 Maret 1940 dalam lingkungan keluarga yang menganut paham Syi’ah Isma’iliyah.

Ia memulai pendidikan dasarnya di negeri India, kemudian melanjutkan ke Universitas Vikram pada tahun 1956. Seusai menjalani kehidupannya sebagai insinyur, ia beralih memasuki dunia kajian sosial keislaman. Hal tersebut membuahkan hasil, Engineer mendirikan sebuah institusi yang di dalamnya memiliki dua arah gerak yang berbeda. Yang pertama fokus pada bidang hubungan antaragama dan yang kedua fokus pada kajian mengenai perempuan (Ahmad Baidowi, 2005).

Asghar merupakan sosok intelektual Muslim yang sangat produktif pemikirannya. Sejak muda ia mulai menelisik problem-problem yang terjadi di lingkungannya, baik masalah agama maupun sosial. Ia berhasil mengejawantahkan beberapa pemikirannya dalam bentuk buku. Adapun beberapa karyanya yakni On Developing Theory of Communal Riots (1984), The Qur’an, Women and Modern Society (1999), Lifting The Veil-Communal Violence and Communal Harmony in Contemporary India (1994), Islam and Liberation Theology Essay On Liberative Elements In Islam (1990), Islam and Its Relevance to Our Age (1987), State of Women in Islam (1987).

Karyanya yang berjudul State of Women in Islam membahas mengenai perempuan yang menyamaratakan status laki-laki dan perempuan. Perlu kita ingat kembali bahwa Engineer merupakan salah satu tokoh yang sangat menjunjung tinggi kedudukan perempuan. Engineer mengatakan “kalau anda tidak bisa menciptakan kehidupan, maka anda tidak berhak untuk merampas hak hidup orang lain”. Oleh sebab itu, karya utamanya mengenai hak-hak perempuan dalam Islam menjadi sorotan masyarakat yang di dalamnya masih menganggap rendah sosok perempuan (Asghar Ali Engineer, 1994).

Menurutnya, pada zaman jahiliyah sosok perempuan merupakan kaum yang lemah dan tertindas. Agama sendiri pada hakikatnya membebaskan kaum yang tertindas dan menciptakan kondisi yang rahmatan lil a’alamin. Dalam buku Hak-Hak Perempuan dalam Islam, Engineer juga menerangkan bahwa al-Qur’an sendiri menegaskan konsep kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Keduanya sama-sama memiliki hak yang sama dalam bidang apapun, seperti bidang politik, ekonomi dan juga sosial.

Laki-laki dan perempuan sama-sama sebagai hamba Allah yang proses penciptaannya dari jenis yang sama. Keduanya bebas untuk mendapatkan profesi yang setara dengan catatan tidak melupakan tanggung jawab antarkeduanya (Asghar Ali Engineer, 2000).

Asghar mengakui kelebihan laki-laki sebagai bentuk keunggulan fungsional, buka keunggulan jenis kelamin. Suatu ketika pada saat diturunkannya sebuah ayat, laki-laki bertugas untuk mencari nafkah sedangkan perempuan bertugas untuk menjalankan perannya sebagai istri di rumah. Hal tersebut dikarenakan pada masa itu kesadaran perempuan masih kurang sehingga tugas mencari nafkah dianggap sebagai keunggulan. Oleh sebab itu, kepemimpinan laki-laki bersifat kontekstual, bukan normatif. Asghar berkesimpulan bahwa seorang perempuan boleh memainkan peran apapun dalam hidup tanpa melanggar ketentuanAllah (Dr. Nur Janah Ismail, 2003).

Terkait pemikirannya mengenai kedudukan perempuan, Asghar juga mengkritisi metode para mufassir dalam memahami ayat yang merendahkan sosok perempuan. Menurutnya, para mufassir hanya menengok pada hal yang berbau teologis dan mengabaikan anasir yang bersifat sosiologis. Seharusnya mereka tidak hanya menggunakan satu dari keduanya, sebab turunnya ayat disebabkan oleh kondisi umat pada saat itu yang jika dikaitkan pada masa kini pasti terdapat beberapa perbedaan teologi maupun sosiologinya.

Ia juga menjabarkan bahwa ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan ketika menafsirkan ayat al-Qur’an. Pertama, al-Qur’an memiliki dua aspek, yakni aspek normatif dan juga kontekstual. Kemudian yang kedua, penafsiran ayat-ayat al-Qur’an bergantung pada kondisi, pengalaman dan latar belakang si penafsir. Dan yang terakhir, makna ayat-ayat al-Qur’an itu terhampar dalam waktu. Jadi, tidak heran apabila kita menemui perbedaan penafsiran antara orang terdahulu dengan orang zaman sekarang. Dan yang terpenting adalah menyikapi perbedaan sebagai kekayaan dan keindahan, bukan sebagai pemicu kedengkian dan permusuhan. Wallahu A’lam.[]

Tags: Asghar Ali Engineergenderislamkeadilankesetaraanperempuan
ShareTweetSendShare
Previous Post

Abbas Ibn Firnas: ‘Manusia Terbang’ Pertama dari Andalusia

Next Post

Mimpi Reyot

Dewi Zulaicho

Dewi Zulaicho

Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Akun Instagram: @z.dewiii

Artikel Terkait

Pulau Bajak Laut, Topi Jerami, dan Gen Z Madagaskar
Esai

Pulau Bajak Laut, Topi Jerami, dan Gen Z Madagaskar

21 October 2025

Penulis: Jean-Luc Raharimanana Penerjemah: Ari Bagus Panuntun   2002. Buku-buku dibakar di depan rumah ayahku. Adalah militer. Adalah milisi. Mereka...

Ozzy Osbourne dalam Ingatan: Sebuah Perpisahan Sempurna
Esai

Ozzy Osbourne dalam Ingatan: Sebuah Perpisahan Sempurna

5 August 2025

Malam itu, saya belum ingin tidur cepat. Hingga lewat tengah malam dan hari berganti (Rabu, 23 Juli 2025) saya duduk...

Sastra, Memancing, Bunuh Diri: Mengenang Ernest Hemingway
Esai

Sastra, Memancing, Bunuh Diri: Mengenang Ernest Hemingway

28 July 2025

Jika bulan Juni sudah kepunyaan Sapardi, Juli adalah milik Hemingway. Pasalnya, suara tangis bayi-Hemingway pecah di bulan yang sama (21...

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 2 (Selesai)
Esai

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 2 (Selesai)

2 April 2024

Sepuluh menit setelah tanggal berganti menjadi 29 Maret 2024, teks cerpen Agus Noor dihidupkan di ampiteater Ladaya. Sejumlah kursi kayu...

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Dear Orang Tua: Tolong Jangan Perlakukan Anak Semena-mena!

Dear Orang Tua: Tolong Jangan Perlakukan Anak Semena-mena!

9 April 2022
Konsep Tuhan di Benak Saya Sendiri

Konsep Tuhan di Benak Saya Sendiri

5 May 2021
Antony Loewenstein: “Mendekati Israel adalah Kesalahan yang Memalukan bagi Indonesia”

Antony Loewenstein: “Mendekati Israel adalah Kesalahan yang Memalukan bagi Indonesia”

24 November 2025
Buron dan Segelas Es Teh

Buron dan Segelas Es Teh

26 March 2022
Sambatan Orang yang Pakai Behel

Sambatan Orang yang Pakai Behel

7 February 2021
Puisi Siap Saji

Puisi Siap Saji

22 February 2021
Gambar Esai Advaitam Tagore dan Anasir Subtil D. Zawawi Imron Advaitam Te

Advaitam Tagore dan Anasir Subtil D. Zawawi Imron

14 January 2021
Di Atas Sebuah Kertas

Di Atas Sebuah Kertas

13 September 2021
Bukti Pemerintah Serius Menangani Pandemi Covid-19

Bukti Pemerintah Serius Menangani Pandemi Covid-19

9 August 2021
Desas-Desus Ultraman

Desas-Desus Ultraman

11 November 2021
Logo Metafor.id

Metafor.id adalah “Wahana Berkarya” yang membuka diri bagi para penulis yang memiliki semangat berkarya tinggi dan ketekunan untuk produktif. Kami berusaha menyuguhkan ruang alternatif untuk pembaca mendapatkan hiburan, gelitik, kegelisahan, sekaligus rasa senang dan kegembiraan.

Di samping diisi oleh Tim Redaksi Metafor.id, unggahan tulisan di media kami juga hasil karya dari para kontributor yang telah lolos sistem kurasi. Maka, bagi Anda yang ingin karyanya dimuat di metafor.id, silakan baca lebih lanjut di Kirim Tulisan.

Dan bagi yang ingin bekerja sama dengan kami, silahkan kunjungi halaman Kerjasama atau hubungi lewat instagram kami @metafordotid

Artikel Terbaru

  • Mempersenjatai Trauma: Strategi Jahat Israel terhadap Palestina
  • Antony Loewenstein: “Mendekati Israel adalah Kesalahan yang Memalukan bagi Indonesia”
  • Gelembung-Gelembung
  • Mengeja Karya Hanna Hirsch Pauli di Museum Stockholm
  • Di Balik Prokrastinasi: Naluri Purba Vs Tuntutan Zaman
  • Pulau Bajak Laut, Topi Jerami, dan Gen Z Madagaskar
  • Bersikap Maskulin dalam Gerakan Feminisme
  • Emas di Piring Elite dan Jualan Masa Depan Cerah yang Selalu Nanti
  • Dua Jam Sebelum Bekerja
  • Cinta yang Tidak Pernah Mandi dan Puisi Lainnya
  • Pemerintah Daerah Tidak Bisa Cari Uang, Rakyat yang Menanggung
  • Merebut Kembali Kembang-Kembang Waktu dari Tuan Kelabu

Kategori

  • Event (14)
    • Publikasi (2)
    • Reportase (12)
  • Inspiratif (31)
    • Hikmah (14)
    • Sosok (19)
  • Kolom (66)
    • Ceriwis (13)
    • Esai (53)
  • Metafor (217)
    • Cerpen (55)
    • Puisi (141)
    • Resensi (20)
  • Milenial (49)
    • Gaya Hidup (26)
    • Kelana (13)
    • Tips dan Trik (9)
  • Sambatologi (72)
    • Cangkem (18)
    • Komentarium (33)
    • Surat (21)
  • Tentang Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Kirim Tulisan
  • Kru
  • Kontributor
  • Hubungi Kami

© 2025 Metafor.id - Situs Literasi Digital.

Welcome Back!

OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Sosok
    • Hikmah
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Kelana
    • Tips & Trik
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
  • Tentang Kami
    • Kru
  • Kirim Tulisan
  • Hubungi Kami
  • Kerjasama
  • Kontributor
  • Disclaimer
  • Kebijakan Privasi
  • Login
  • Sign Up

© 2025 Metafor.id - Situs Literasi Digital.