slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
Pembaharuan Pendidikan Muhammadiyah di Indonesia: Refleksi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan - Metafor.id
Metafor.id

Situs Literasi Digital - Berkarya untuk Abadi

  • Tentang Metafor
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
  • Disclaimer
  • Kru
  • Kerjasama
Sunday, 1 June, 2025
  • Login
  • Register
Metafor.id
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Hikmah
    • Sosok
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Tips & Trik
    • Kelana
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
No Result
View All Result
Metafor.id
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Hikmah
    • Sosok
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Tips & Trik
    • Kelana
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
No Result
View All Result
Metafor.id
No Result
View All Result
Home Inspiratif Sosok

Pembaharuan Pendidikan Muhammadiyah di Indonesia: Refleksi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan

Dimas Prastiyo Budi by Dimas Prastiyo Budi
11 February 2021
in Esai, Sosok
0
Pembaharuan Pendidikan Muhammadiyah di Indonesia: Refleksi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan

https://www.harapanrakyat.com/wp-content/uploads/2020/07/KH-Ahmad-Dahlan.jpg

Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsAppShare on Telegram

Pendidikan merupakan syarat penting guna membangun suatu peradaban bangsa, dibalik bangsa yang sukses dan maju tidak lepas dari peran pendidikan. Pendidikan memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi diri manusia serta memberantas kebodohan. Untuk mewujudkan pendidikan tentu saja tidak lepas dari usaha tokoh-tokoh nasional, salah satunya yakni K.H. Ahmad Dahlan. Beliau memiliki konsep kehidupan yang sangat banyak, seperti halnya beliau telah menekankan untuk berjuang dengan sungguh-sungguh dalam menyebarkan agama Islam yang kemudian telah diterapkan dalam organisasi Muhammadiyah.

Pembaharuan merupakan langkah awal kebangkitan umat Islam di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan. Akan tetapi, semangat pembaruan justru mengakibatkan perpecahan umat Islam di Indonesia seperti golongan modernis dan tradisionalis. Salah satu tokoh dari golongan modernis yakni KH. Ahmad Dahlan, golongan modernis memiliki tujuan untuk memurnikan ajaran Islam serta meningkatkan kesadaran dalam beragama. Sedangkan golongan tradisionalis memiliki tujuan untuk meningkatkan peran Islam serta pemikiran Islam dengan berpegang teguh pada ajaran 4 madzhab, tokoh dari golongan tradisionalis yaitu KH. Hasyim Asy’ari. Sebelum kita mengetahui pembaruan pendidikan yang dibangun KH. Ahmad Dahlan, ada baiknya kita mengetahui biografinya terlebih dahulu.

K.H. Ahmad Dahlan merupakan sosok pembaharu Islam di Indonesia, sekaligus pendiri organisasi Islam yakni Muhammadiyah. KH. Ahmad Dahlan lahir sekitar 1285 H/ 1868 M, wafat pada 23 Februari 1923. Sebelum mendirikan organisasi Islam, beliau sempat menjadi guru agama di daerahnya. Di sisi lain, beliau juga pernah menjadi guru di Kweek School terletak di Yogyakarta, serta Opleiding School Voor Inlandsche Arbenaren merupakan salah satu sekolah pribumi yang terletak di Megalang (Ahdar, 2019). K. H. Ahmad Dahlan merupakan putra ke 3 dari K.H. Abu Bakar bin K.H. Sulaiman. K. H. Ahmad Dahlan menikahi seorang wanita yang bernama Walidah pada tahun 1888 dan dianugerahi dengan enam anak (Kasmuri Selamat, 2019).

Melihat ide dari K.H. Ahmad Dahlan dalam pembaharuan pendidikan, Islam diharapkan memberikan suatu kontribusi besar dalam bidang pendidikan Islam masa kini. Oleh karena itu, untuk menelusuri wacana pembaharuan pendidikan maka seringkali merujuk pada usaha beliau dalam membangun suatu sistem pendidikan. Usaha beliau dalam membangun pendidikan bisa saja menjadi simbol dari kebangkitan generasi untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh Islam. Kondisi pendidikan pada saat itu terpecah menjadi dua bagian. Pertama sistem pendidikan Belanda berbentuk sekuler atau tidak memperhatikan ilmu-ilmu agama. Kedua pendidikan lokal (pesantren) lebih menekankan pada ilmu keagamaan. Oleh karena itu, K.H. Ahmad Dahlan bercita-cita untuk mengintegrasikan kedua pendidikan tersebut (Zetty Azizatun Ni’mah, 2014).

Pada abad-19 sistem pendidikan dualisme tetap berkembang pesat khususnya di Indonesia, dua sistem pendidikan tersebut memiliki suatu perbedaan yang sangat signifikan. Corak dari pendidikan sekuler yakni sistem pembelajaran yang tidak memperkenalkan nilai-nilai agama. Pendidikan sekuler memiliki suatu tujuan yang hanya mendidik anak dari golongan priyai untuk menjadi juru tulis serta memegang buku pegawai guna membantu majikan Belanda dalam bertugas di bidang teknik, perdagangan serta administrasi. Pondok pesantren merupakan gambaran pendidikan Islam tradisionalis. Pondok pesantren memiliki suatu sistem pembelajaran yang menekankan pada hafalan-hafalan. Menonjolnya pendidikan yang dibangun oleh Belanda memiliki suatu dampak melemahkan eksistensi pendidikan Islam tradisionalis.

Awal abad-20 kalangan Muslim terpelajar sadar akan lemahnya eksistensi pendidikan Islam di Indonesia, mereka terbuka dalam menerima ide-ide baru yang membawa pada kemajuan guna mendapatkan solusi yang terbaik. Lalu kemudian K.H. Ahmad Dahlan betekad untuk menciptakan suatu pembaharuan pendidikan, tekad pembaharuan dari K.H. Ahmad Dahlan memiliki 2 konsep dasar yakni, cita-cita dan teknik. Dalam tekad tersebut yang dimaksud dari cita-cita yaitu mampu membentuk umat Islam yang berakhlak mulia, alim, memiliki pandangan yang luas serta paham masalah keduniaan. Sehingga dalam konsep cita-cita tersebut mampu menciptakan ulama intelek serta intelek ulama. Sedangkan dari segi teknik lebih condong pada cara-cara penyelenggaraan pendidikan. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan hal tersebut Muhammadiyah menyempurnakan kurikulum pendidikan Islam dengan cara memasukkan pelajaran-pelajaran agama ke sekolah umum, serta pengetahuan umum ke dalam sekolah agama.

Untuk mewujudkan sebuah pembaharuan dalam pendidikan Islam Muhammadiyah telah mendirikan madrasah-madrasah dan pesanteren dengan kurikulum memasukkan ilmu pengetahuan umum dan modern, serta mendirikan sekolah-sekolah umum yang menggunakan sistem kurikulum memasukkan pelajaran-pelajaran agama di sekolah umum. Muhammadiyah juga memperkenalkan pondok pesantren dengan organisasi, administrasi, serta cara-cara penyelenggaraannya. Karakteristik dari lembaga pendidikan Muhammadiyah yakni His met the Qur’an yang merupakan suatu integrasi pendidikan Islam dengan pendidikan umum. Lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah menggunakan sekolah umum sebagai tahap awal, guna mendorong etos belajar keagamaan serta pengkajian ajaran-ajaran agama Islam. (Nelly Yusra, 2018).

Tags: IndonesiaKH Ahmad Dahlanmuhammadiyahpembaharuan pendidikanpendidikan islam
ShareTweetSendShare
Previous Post

Alir-an

Next Post

Dalam Buku untuk Bersikap Mangap

Dimas Prastiyo Budi

Dimas Prastiyo Budi

Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Bisa disapa di Instagram @dimasprasbud

Artikel Terkait

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 2 (Selesai)
Esai

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 2 (Selesai)

2 April 2024

Sepuluh menit setelah tanggal berganti menjadi 29...

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 1
Esai

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 1

1 April 2024

28 Maret 2024 Masehi. Malam 18 Ramadhan 1445 Hijriah. Saya tiba di Ladaya, Tenggarong, setelah menempuh lebih dari satu setengah...

Maraknya Perundungan Tanda Rendahnya Budaya Literasi
Esai

Maraknya Perundungan Tanda Rendahnya Budaya Literasi

17 March 2024

Belakang ini isu perundungan bagai bom waktu. Setiap hari bisa meledak di mana-mana, baik di sekolah hingga pesantren elite sekalipun....

Public Speaking Bukan Hanya Keterampilan Orang Terpelajar
Esai

Public Speaking Bukan Hanya Keterampilan Orang Terpelajar

4 April 2023

Berbicara, sebagai kebutuhan primer dalam berinteraksi, dapat membuat sebuah pertemuan menjadi lebih hidup. Bagi kebanyakan orang, sering atau banyak bicara...

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Revolusi Kurikulum

Revolusi Kurikulum

13 December 2021
Gambar Artikel Flow di Era Sosmed Efek Dahsyat Mengikat Makna

Flow di Era Sosmed; Efek Dahsyat Mengikat Makna

6 November 2020
Para Pengungsi Peradaban (1)

Para Pengungsi Peradaban (1)

23 January 2021
Meneladani Sufi Jenaka: Nashrudin Hoja & Keledainya

Meneladani Sufi Jenaka: Nashrudin Hoja & Keledainya

3 January 2022
Selamat Bertugas Selamanya!

Selamat Bertugas Selamanya!

27 April 2021
Gambar Artikel Idealisme dan Pembantaian

Idealisme dan Pembantaian

9 December 2020
Di Balik Bilik Kamar

Di Balik Bilik Kamar

12 March 2021
Gambar Artikel Gerakan Mosi TIdak Percaya: Sumpah dan Nasionalisme (Tertinggi) Pemuda

Gerakan #MosiTidakPercaya : Sumpah dan Nasionalisme (Tertinggi) Pemuda

5 November 2020
Depresi Besar, Kaum Pekerja, dan Hilangnya Harapan

Depresi Besar, Kaum Pekerja, dan Hilangnya Harapan

30 April 2021
Cinta Melekat pada Ubun Dada yang Membelah

Cinta Melekat pada Ubun Dada yang Membelah

18 November 2021

Ikuti Kami di Instagram

    The Instagram Access Token is expired, Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to refresh it.
Facebook Twitter Instagram Youtube
Metafor.id

Metafor.id adalah “Wahana Berkarya” yang membuka diri bagi para penulis yang memiliki semangat berkarya tinggi dan ketekunan untuk produktif. Kami berusaha menyuguhkan ruang alternatif untuk pembaca mendapatkan hiburan, gelitik, kegelisahan, sekaligus rasa senang dan kegembiraan.

Di samping diisi oleh Tim Redaksi Metafor.id, unggahan tulisan di media kami juga hasil karya dari para kontributor yang telah lolos sistem kurasi. Maka, bagi Anda yang ingin karyanya dimuat di metafor.id, silakan baca lebih lanjut di Kirim Tulisan.

Dan bagi yang ingin bekerja sama dengan kami, silahkan kunjungi halaman Kerjasama atau hubungi lewat instagram kami @metafordotid

Artikel Terbaru

  • Cosmic Hospitality dan Puisi Lainnya
  • Kenangan, Bahasa, dan Pengetahuan
  • Penjual Susu dan Puisi Lainnya
  • Peringati Hari Buku Nasional, Forum Buku Berjalan Adakan Temu Buku di Wisdom Park UGM Yogyakarta
  • Menyulut Api Literasi dari Kediri: Mahanani Book & Art Festival
  • Lelaki Tua yang Dipermainkan Nasib
  • Membangun Literasi Peduli Bumi: Festival Buku Berjalan
  • Kandang Menjangan Menggugat dan Puisi Lainnya
  • Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 2 (Selesai)
  • Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 1
  • Puasa Puisi: Perayaan Sastra Lintas Bahasa
  • Aku Merangkum Desember

Kategori

  • Event (10)
    • Publikasi (2)
    • Reportase (8)
  • Inspiratif (31)
    • Hikmah (14)
    • Sosok (19)
  • Kolom (63)
    • Ceriwis (13)
    • Esai (50)
  • Metafor (206)
    • Cerpen (51)
    • Puisi (136)
    • Resensi (18)
  • Milenial (46)
    • Gaya Hidup (25)
    • Kelana (11)
    • Tips dan Trik (9)
  • Sambatologi (70)
    • Cangkem (18)
    • Komentarium (32)
    • Surat (21)

© 2021 Metafor.id - Situs Literasi Digital.

No Result
View All Result
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Sosok
    • Hikmah
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Kelana
    • Tips & Trik
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
  • Tentang Metafor
    • Disclaimer
    • Kru
  • Kirim Tulisan
  • Kerjasama
  • Kontributor
  • Login
  • Sign Up

© 2021 Metafor.id - Situs Literasi Digital.

Welcome Back!

OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In