slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
slot gacor
Esai D Zawawi Imron : Anasir Subtil dan Advaitam Tagore - Metafor.id
Metafor.id

Situs Literasi Digital - Berkarya untuk Abadi

  • Tentang Metafor
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
  • Disclaimer
  • Kru
  • Kerjasama
Sunday, 1 June, 2025
  • Login
  • Register
Metafor.id
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Hikmah
    • Sosok
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Tips & Trik
    • Kelana
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
No Result
View All Result
Metafor.id
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Hikmah
    • Sosok
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Tips & Trik
    • Kelana
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
No Result
View All Result
Metafor.id
No Result
View All Result
Home Kolom Esai

Advaitam Tagore dan Anasir Subtil D. Zawawi Imron

Wahyu Budiantoro by Wahyu Budiantoro
14 January 2021
in Esai
1
Gambar Esai Advaitam Tagore dan Anasir Subtil D. Zawawi Imron Advaitam Te

Sumber Gambar: http://afanyc.com/anne-bachelier/phantasmagoria/

Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsAppShare on Telegram

Saya teringat kisah yang ditulis Rabindranath Tagore tentang penyanyi desa dari sekte Benggala yang disebut kaum Baul. Mereka tidak memiliki patung, kuil, kitab suci, atau upacara, yang menyatakan keilahian manusia dalam lagu-lagu mereka, dan mengekspresikan untuk Dia suatu perasaan cinta yang intens. Baul menyanyi, “Cinta adalah sentuhan emasku – ia mengubah nafsu menjadi pengabdian / bumi mencoba menjadi surga, manusia mencoba menjadi tuhan.” Tagore menegaskan melalui lagu itu bahwa agama-agama ini tidak pernah berkata tentang suatu Tuhan yang memiliki kekuatan kosmik, melainkan tentang Tuhan yang memiliki “kepribadian manusiawi”.

Ada semacam alegori pada lirik lagu Baul. Sesungguhnya yang akan mendulang emas adalah orang yang hidupnya penuh dengan “cinta”. Bukan orang yang merasa menjadi utusan Tuhan atau paling berhak menguasi “kata” suci dari kitab-kitab samawi yang menjadi hak para Rasul, sehingga dia bersikap “mencoba menjadi tuhan” dengan memberi tendensi baik buruk bagi sesama manusia. Oleh karena “cinta” menjadi subjek dan objek sekaligus, maka masjid, gereja, kuil dan wihara cumalah sebatas wasilah pengabdian dari “cinta” yang intens kepada-Nya.

Manusia “dituntut” oleh Tuhan untuk memahami hakikat kepribadian diri. Sehingga, kata Tagore, agama, cinta, kemanusiaan hingga kebenaran memiliki hubungan dan kesempurnaan dalam suatu dunia kemanusiaan yang abadi. Ketika kesibukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup menjadi agak berkurang, dia memiliki waktu senggang untuk menelaah misteri dirinya sendiri.

Dalam pada itu, batas primordial kedirian manusia di hadapan zat yang tak terhingga dapat diidentifikasi (dipahami). Tagore menyebutnya sebagai advaitam, representasi kemajemukan di dalam diri, bukan di luar. Sehingga, dengan memahami misteri diri, manusia mampu “menyadap ribuan gejala”, mirip petuah D. Zawawi Imron.

Bahasa hadir dari proses advaitam tersebut. Secara asasi, bahasa merupakan “asupan” pertama manusia, melalui doa, mantra, syiir atau lagu-lagu sesembahan, tergantung tradisi-budaya yang dihidupi. Sejak mula manusia diazankan, maka saat itu juga bahasa menjadi unsur ruhani yang subtil. Apakah azan bahasa? Saya kira demikian. Inti dari bahasa adalah komunikasi, tanda dan penanda. Azan menjadi penanda; identitas yang dibangun atas kesadaran primordialnya sebagai makhluk simbolis (agama).

Pada konteks itu, muncul-lah pengalaman dan penghayatan bahasa pada diri manusia. Semacam kaleidoskop usia dan renik-renik semesta yang dihadirkan sebagai penanda kedirian dan kemajemukan. Potret jiwa bahagia atau gelisah; tentunya dengan kehadiran simbol sebagai penanda. Bahasa menjadi sikap hidup, kata Sapardi Djoko Damono. Sikap yang selalu bergerak kreatif dalam memersepsi pengalaman pada ruang waktu. Sebagaimana lirik lagu Baul; cinta adalah sentuhan emasku – ia mengubah nafsu menjadi pengabdian / bumi mencoba menjadi surga, manusia mencoba menjadi tuhan”. Dari situ, bahasa menjadi alat untuk mewujudkan pengabdian dan gambaran keindahan, sebagai manifestasi eksistensi ketuhanan-kemanusiaan.

Bahasa dan pengalaman menjadi dua sisi subtil yang dimiliki manusia. Bahasa menjadi penegasan, sedangkan pengalaman mempengaruhi sudut pandang. Dua aspek itulah yang kemudian terpendar dalam puisi D. Zawawi Imron. Bagi saya, D. Zawawi Imron memiliki karakteristik dan keunggulannya sendiri dalam jejak perpuisian Indonesia. Selain mengandalkan momen puitik, intuisi atau hikmah juga mempengaruhi sudut pandanganya terhadap fenomena.

Dia pernah bercerita, saat dalam perjalanan menuju Jakarta dengan menaiki kereta, kereta tersebut berhenti di sebuah stasiun yang kebanjiran. Dari sana muncul ide untuk menulis sebuah sajak berjudul “Sungai Kecil”; sungai kecil, sungai kecil / di manakah engkau telah kulihat? Antara cirebon dan purwakarta atau hanya dalam mimpi / di atasmu batu-batu kecil sekeras rinduku dan di tepimu daun-daun bergoyang menaburkan sesuatu yang kuminta dalam doaku / … / sungai kecil, sungai kecil / mengalirlah terus ke rongga jantungku dan kalau kau payah / istirahatlah ke dalam tidurku / kau yang jelita kutembangkan buat kekasihku / (1980).

Sajak “Sungai Kecil” menandakan bahwa bahasa meruap dari dalam imajinasi (kedirian, advaitam) D. Zawawi Imron. “Sungai Kecil” yang sebetulnya gambaran dari banjir yang dilihatnya di sekitar stasiun menjadi sudut pandang dan penegasannya. Bila tak memiliki intuisi atau hikmah, banjir hanya dipandang sebagai bala atau petaka, bukan arus yang /mengalir ke dalam rongga jantungku/. Sikap berbahasa secara kreatif harus didasari kearifan dan keluasan sudut pandang.

Sajak “Kelenjar Sunyi” (Kelenjar Laut, 2007) mencerminkan itu pula: saat bonang mengiang / dan gong mengalun / sunyi pun lapar / ke mekahlah, tapi cari / multazam dalam diri sendiri /. Prinsip advaitam yang didengungkan Tagore ialah hakikat pencarian, alias pengembaraan. D. Zawawi Imron membutuhkan “Kelenjar Sunyi” untuk memahami hakikat pencarian/ pengembaraan itu. Karena diri adalah dinding yang harus didaki untuk senantiasa menghamba pada Tuhan, mengikis kepongahan. Bukankah tidak jauh hari Hamzah Fansuri yang pernah mengatakan; mencari Tuhan di bait al-Ka’bah dari Barus ke Kudus terlalu payah / akhirnya dapat di dalam rumah /.

“Kata tak cukup buat berkata”, ujar Toto Sudarto Bachtiar. Artinya, tak ada yang bisa dijelaskan secara gamblang melalui kata (bahasa). Setiap kata mengandung anasir misteriusnya sendiri dalam merepresentasikan makna. Tuhan, aku mohon / sisakan aku sebagai embun /. Sebab samudera makna yang terlalu luas itulah, D. Zawawi Imron “meminta” pada Tuhan untuk sekadar “menjadi embun”. Hidup menjadi “metafora Tuhan” barangkali lebih berarti bagi D. Zawawi Imron untuk menjumpai dirinya sendiri. Sehingga dalam perih yang sempurna / luka bunga dikecup sukma / dunia, mekarlah / imbuhnya.[]

Tags: Advaitam Tagore dan Anasir Subtil D. Zawawi ImronbahasaD. Zawawi ImronesaisastraTagore
ShareTweetSendShare
Previous Post

Selamanya Laut

Next Post

Abu Zayd Al-Balkhi: Ulama Psikologi yang Jarang Diketahui

Wahyu Budiantoro

Wahyu Budiantoro

Lahir di Purwokerto, 10 April. Saat ini ia tercatat sebagai Kepala Sekolah sekaligus pengajar di Sekolah Kepenulisan Sastra Peradaban (SKSP) Purwokerto. Beberapa tulisnnya telah dipublikasikan di koran Laman Badan Bahasa Kemdikbud, Republika, Basabasi.co, Suara Merdeka, Pikiran Rakyat, Bali Pos, dll. Buku pertamanya berjudul Aplikasi Teori Psikologi Sastra: Kajian Puisi dan Kehidupan Abdul Wachid B.S. (Kaldera Press, 2016).

Artikel Terkait

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 2 (Selesai)
Esai

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 2 (Selesai)

2 April 2024

Sepuluh menit setelah tanggal berganti menjadi 29...

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 1
Esai

Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 1

1 April 2024

28 Maret 2024 Masehi. Malam 18 Ramadhan 1445 Hijriah. Saya tiba di Ladaya, Tenggarong, setelah menempuh lebih dari satu setengah...

Maraknya Perundungan Tanda Rendahnya Budaya Literasi
Esai

Maraknya Perundungan Tanda Rendahnya Budaya Literasi

17 March 2024

Belakang ini isu perundungan bagai bom waktu. Setiap hari bisa meledak di mana-mana, baik di sekolah hingga pesantren elite sekalipun....

Public Speaking Bukan Hanya Keterampilan Orang Terpelajar
Esai

Public Speaking Bukan Hanya Keterampilan Orang Terpelajar

4 April 2023

Berbicara, sebagai kebutuhan primer dalam berinteraksi, dapat membuat sebuah pertemuan menjadi lebih hidup. Bagi kebanyakan orang, sering atau banyak bicara...

Comments 1

  1. Pingback: Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan - Bagian 2 (Selesai) - Metafor.id

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Ayangophobia pada Buku “Manusia Adimanusia”

Ayangophobia pada Buku “Manusia Adimanusia”

6 March 2022
Promothean

Promothean

1 February 2021
Pulang

Pulang

22 April 2022
Gambar Artikel Kenapa Bahasa Inggris untuk Anak SD tidak boleh Dianggap enteng

Kenapa Bahasa Inggris untuk Anak SD Tidak Boleh Dianggap Enteng

25 April 2021
Gambar Artikel Pengarang Feminis

Pengarang Feminis

9 January 2021
Gambar Artikel Berguru pada Sherlock Holmes

Berguru pada Sherlock Holmes

8 December 2020
Hari Raya Kenangan dan Peringatan Patah Hati

Hari Raya Kenangan dan Peringatan Patah Hati

29 March 2021
Gambar Artikel Senyuman Malaikat Maut

Senyuman Malaikat Maut

20 December 2020
Hikayat Seorang Lelaki yang Bersikejar dengan Matahari

Hikayat Seorang Lelaki yang Bersikejar dengan Matahari

16 February 2021
Membangun Literasi Peduli Bumi: Festival Buku Berjalan

Membangun Literasi Peduli Bumi: Festival Buku Berjalan

5 May 2024

Ikuti Kami di Instagram

    The Instagram Access Token is expired, Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to refresh it.
Facebook Twitter Instagram Youtube
Metafor.id

Metafor.id adalah “Wahana Berkarya” yang membuka diri bagi para penulis yang memiliki semangat berkarya tinggi dan ketekunan untuk produktif. Kami berusaha menyuguhkan ruang alternatif untuk pembaca mendapatkan hiburan, gelitik, kegelisahan, sekaligus rasa senang dan kegembiraan.

Di samping diisi oleh Tim Redaksi Metafor.id, unggahan tulisan di media kami juga hasil karya dari para kontributor yang telah lolos sistem kurasi. Maka, bagi Anda yang ingin karyanya dimuat di metafor.id, silakan baca lebih lanjut di Kirim Tulisan.

Dan bagi yang ingin bekerja sama dengan kami, silahkan kunjungi halaman Kerjasama atau hubungi lewat instagram kami @metafordotid

Artikel Terbaru

  • Cosmic Hospitality dan Puisi Lainnya
  • Kenangan, Bahasa, dan Pengetahuan
  • Penjual Susu dan Puisi Lainnya
  • Peringati Hari Buku Nasional, Forum Buku Berjalan Adakan Temu Buku di Wisdom Park UGM Yogyakarta
  • Menyulut Api Literasi dari Kediri: Mahanani Book & Art Festival
  • Lelaki Tua yang Dipermainkan Nasib
  • Membangun Literasi Peduli Bumi: Festival Buku Berjalan
  • Kandang Menjangan Menggugat dan Puisi Lainnya
  • Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 2 (Selesai)
  • Diri yang Tak Bersih dan Sejumlah Tegangan – Bagian 1
  • Puasa Puisi: Perayaan Sastra Lintas Bahasa
  • Aku Merangkum Desember

Kategori

  • Event (10)
    • Publikasi (2)
    • Reportase (8)
  • Inspiratif (31)
    • Hikmah (14)
    • Sosok (19)
  • Kolom (63)
    • Ceriwis (13)
    • Esai (50)
  • Metafor (206)
    • Cerpen (51)
    • Puisi (136)
    • Resensi (18)
  • Milenial (46)
    • Gaya Hidup (25)
    • Kelana (11)
    • Tips dan Trik (9)
  • Sambatologi (70)
    • Cangkem (18)
    • Komentarium (32)
    • Surat (21)

© 2021 Metafor.id - Situs Literasi Digital.

No Result
View All Result
  • Home
  • Metafor
    • Cerpen
    • Puisi
    • Resensi
  • Sambatologi
    • Cangkem
    • Komentarium
    • Surat
  • Kolom
    • Ceriwis
    • Esai
  • Inspiratif
    • Sosok
    • Hikmah
  • Milenial
    • Gaya Hidup
    • Kelana
    • Tips & Trik
  • Event
    • Reportase
    • Publikasi
  • Tentang Metafor
    • Disclaimer
    • Kru
  • Kirim Tulisan
  • Kerjasama
  • Kontributor
  • Login
  • Sign Up

© 2021 Metafor.id - Situs Literasi Digital.

Welcome Back!

OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

OR

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In